Skip to content

Bukan Sekedar Cepat

May 15, 2009

Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya. 1 Korintus 10:13

Saat berada dalam krisis, seringkali kita seperti berontak dan berteriak menginginkan kelepasan dari situasi-situasi yang sulit tersebut. Krisis yang selanjutnya tidak menunggu krisis sebelumnya terselesaikan. Saat menghadapi krisis, ada berbagai reaksi yang muncul. Ada yang menyangkali , mengabaikan, atau melewatinya dengan cara “cepat”. Bersamaan dengan krisis, muncul keinginan-keinginan yang kepadanya kita menggantungkan harapan sebagai jalan keluar dari krisis. “Jika aku punya banyak uang, aku pasti sudah bebas dari hutang ini”, “Jika aku pintar, aku pasti tidak dapat masalah ini”, dan keinginan yang lainnya. Kita seolah menyusun sederetan keinginan dan berharap jika kita memilikinya, maka masalah selesai tanpa mau menghadapi proses itu dengan benar.
Akan tetapi, kita perlu melihat makna krisis itu sendiri. Krisis ialah suatu titik balik dari sesuatu hal. Titik balik terebut bisa mengarah kepada hal yang positif namun bisa juga ke hal yang negatif. Arah titik balik tersebut adalah tergantung bagaimana kita bereaksi terhadap krisis. Dalam perspektif Allah, kita sedang dituntun untuk bagaimana mengahadapi satu permasalahan bersama Dia, agar kita bertumbuh menjadi lebih dewasa dan tangguh menjalani hidup ini. Jadi, berfokuslah pada proses yang benar bukan pada cara cepat mengatasi krisis. Allah selalu siap bersama kita melewati krisis kehidupan. Bersama Dia, kita bisa!

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: