Skip to content

Anugerah atau Kinerja?

May 26, 2009

Efesus 2: 8 Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah

Sejak kecil saya hidup dalam disiplin rohani yang cukup kuat. Membaca firman, berdoa berjam-jam, beribadah dan bersaksi menjadi keharusan. Saya sudah terbiasa melakukannya bertahun-tahun. Saya merasa cukup baik ketika melakukan disiplin-disiplin rohani tersebut. Saya berpikir bahwa saya adalah orang yang layak untuk mendapatkan berkat dan hidup yang baik. Seringkali saya merasa tertuduh dan sangat merasa bersalah ketika tidak berdoa lebih dari satu jam atau tidak membaca Alkitab. Jika saya tidak melakukan dengan baik, dalam pikiran saya Tuhan seperti siap-siap untuk marah dan kecewa kepada saya.
Ketika saya belajar tentang kasih karunia, saya mendapati sesuatu yang mengubah dari kehidupan rohani saya. Bahwa orang percaya hidup oleh karena anugerah, bukan karena hasil kinerja manusiawi. Dari sejak kecil saya berpikir, bahwa berkat Allah bergantung kepada kinerja saya. Kalau berkat hanya bergantung kepada kebenaran diri sendiri, dan jika Tuhan menghitungnya, saya yakin itu terlampau kecil sekali. Ada banyak motivasi-motivasi yang tidak murni yang mendasari kinerja saya. Setelah mendapati kebenaran itu, saya merasakan bahwa kehidupan dan disiplin rohani bukan sebuah tekanan lagi. Saya bersyukur untuk anugerah yang Tuhan berikan. Itu bukan karena kebenaran saya, namun semata-mata karena augerahNya.

Pekerjaan kita yang terbaik sekalipun dirusak oleh dosa, oleh motif tak murni yang beragam kadarnya dan oleh banyaknya kinerja tak sempurna – Jerry Bridges

2 Comments leave one →
  1. David permalink
    May 27, 2009 12:46 pm

    Thank You Lord for this blessed blog.. GBU all

  2. Tito permalink
    May 28, 2009 4:43 am

    setuju banget nih… satu ayat yang mengubah pola pandangku tentang kasih karunia ketika aku ngelakuin ‘kebaikan’ atau disiplin rohani adalah:
    “for it is God who is working in you both to will and to work for the sake of His good pleasure”. – Php 2:13.
    Jadi kalopun aku ngelakuin itu semua karena anugerahNya yang Dia alirkan dalam hidupku, kayaknya gak layak deh ngitung usaha kita.

    … Amazing Grace, how sweet the sound…

Leave a Reply

