Skip to content

Mengampuni Adalah Proses Seumur Hidup

October 11, 2013

Kemudian datanglah Petrus dan berkata kepada Yesus: “Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali?”  Yesus berkata kepadanya: “Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali. Matius 18:21-22

Tidak pernah terbayangkan oleh Petrus dan mungkin kita sebagai orang percaya ketika berhadapan dengan pengampunan. Pertanyaan ini lugas dan rinci, “berapa kali aku mengampuni saudaraku yang berlaku dosa atasku”. “Mengampuni – saudaraku kalau dalam rumus matematika maka ((70 x 7) X) bisa juga 70 x 7^2 atau bisa juga diartikan 70 x 7^7.

Mengampuni itu berarti proses untuk melepaskan hak, proses rendah hati, proses bersabar, proses melakukan perintah Allah. Saudaraku adalah orang yang akan sering kita temui, ada dalam lingkungan dekat. Dan betapa ada orang-orang yang sangat bergumul untuk melepaskannya. Mengampuni bukan satu kali tindakan dan selesai, tetapi akan terus berproses sehingga luka itu tidak lagi mencengkeram batin kita.(shr)

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: