Skip to content

Membangun Penguasaan Diri

December 20, 2013

Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu. Galatia 5:22-23

Penguasaan diri ( yun. Egkrateia) yaitu menguasai  keinginan dan nafsu diri sendiri adalah salah satu Buah roh didalam  Galatia 5 :22 -23.
Penguasaan diri sesuatu  hal yang sangat  penting  sebagai gaya hidup yang di hasilkan anak – anak  Tuhan,  sehingga tidak lepas kontrol dan lupa karena kepentingan, keinginan, dan nafsu diri sendiri ( pemuasan ego ), tetapi  lebih mengutamakan pertumbuhan iman. Penguasaan diri bisa juga  indentik dengan pengendalian diri baik  secara  biologis,nafsu berkuasa,  penghormatan, dan emosi tak terkontrol.  Di dalam diri seseorang  yang normal, tidak dipungkiri ada keinginan untuk merasakan dirinya penting.

Ada hal – hal yang kita perlu belajar dalam  penguasaan diri yaitu :
1.Mendisiplinkan reaksi  ( menghentikan gerekan fisik ), bila kemarahan timbul.
2.Mengenali dan mengakui kelemahan – kelemahan kita. Perbuatan daging telah nyata  ( Galatia 5 :19 ) di singkapkan dengan jelas. Masalahnya kita tidak mau mengaku atau  tidak mau mengenalinya sebagai ciri dosa kita.
3.Yakin bisa bertumbuh.
Meminta pimpinan Roh Kudus dalam melakukan Firman Tuhan yang menjadi otoritas dalam kehidupan kita.Seseorang yang mau bertumbuh dalam penguasaan diri harus bertanggung jawab atas perilaku yang salah dari dirinya tidak menyalahkan orang lain. (Indro Cahyono)

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: