Skip to content

Motivasi yang Benar Mendorong Tindakan yang Benar

September 17, 2014

Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. Kolose  3:23

Dalam pekerjaan yang menjadi bagian kita, prinsip bekerja dengan sikap hati yang benar, yaitu ‘segenap hati seperti untuk Tuhan’ seharusnya menjadi pegangan bagi setiap orang percaya.

Motivasi yang benar mendorong kita melakukan hal yang benar. Hal ini berarti, kita perlu memiliki nilai-nilai yang benar sebagai aplikasi sikap hati kita, Bertanggung jawab dengan apa yang menjadi tugas kita, melakukannya dengan setia dan memiliki disiplin diri. Kita tidak bisa hanya berkata, “Ah, yang penting motivasi saya sudah benar yaitu bekerja dengan sepenuh hati”. Betul bahwa segenap hati menjadi dasar, namun ingat bahwa dasar yang benar menghasilkan tindakan yang benar.

Jika kita berkata bahwa “Saya bekerja dengan sepenuh hati”, namun kita tidak menggunakan waktu dan kesempatan kerja kita dengan baik, maka perlu menjadi evaluasi diri, benarkah sudah sepenuh hati atau masih setengah hati? Seperti komputer yang memiliki slogan GIGO (Garbage In Garbage Out), demikian pula hidup orang percaya dalam melakukan pekerjaan. Jika motivasi kita sudah benar, seharusnya hasil yang kita capai pun maksimal, dan nilai-nilainya benar. Mari bertanya pada diri sendiri, “Apakah selama ini, motivasi kerja saya sudah benar, dan nilai-nilai yang saya aplikasikan sudah benar?”  (Uut)

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: